Friday, February 27, 2009

Makna Tabel Analisis Regresi SPSS

Sobat muda indonesia...
Beberapa waktu yang lalu entah nyasar, entah sengaja, sebuah email pendek mampir ke tempat saya. Isinya kira-kira begini:

"Pakdhe, caranya membaca tabel analisis regresi bagaimana ya?"

Nah, supaya jawabannya tak berlaku seorang saja, maka saya angkat ke dalam postingan blog saja.

Pada dasarnya tabel regresi SPSS adalah sebagai berikut:


Gambar (1) : Tabel untuk mengetahui tingkat pengaruh variabel



Gambar (2) : Tabel untuk mengetahui keberpengaruhan variabel dan koefisien regresi


Tabel dalam SPSS untuk regresi memang ada beberapa, namun hanya dua tabel tersebut yang perlu mendapat perhatian. Perhatikan pada gambar kedua terlebih dahulu. Pada kolom terakhir yaitu pada nilis sig terdapat nilai sig .000, artinya nilai tersebut signifikan karena kurang dari 0,05.

Karena signifikan artinya ada pengaruh antara variabel kemahiran proses dan variabel penguasaan kompetensi (pada analisis ini saya menggunakan variabel kemahiran proses sebagai independet variabel untuk penguasaan kompetensi sebagai dependent variabelnya). Kita tidak perlu memahami makna angka lain pada kolom yang sama.

Beralih ke gambar (1), setelah diketahui bahwa kedua variabel saling berpengaruh, maka tahapan berikutnya kita akan mencari tahu seberapa besar kontribusi yang diberikan variabel kemahiran kepada penguasaan kompetensi. Perhatikan pada kolom R square di atas! Disana terdapat angka ,222 artinya bahwa kemahiran memberikan kontribusi sebesar 0,222 atau 22,2% terhadap hasil penguasaan kompetensi. Artinya 77,8% hasil penguasaan dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terangkum dalam analisis ini.

Catatan Pakdhe : Mengenai besar kecil pengaruh suatu variabel akan saya tulis dilain waktu.

Kembali ke gambar (2), langkah berikutnya adalah mengetahui rumus persamaan regresinya. Secara umum persamaan regresi adalah:

Y = a + bX

dengan Y adalah variabel dependent, dalam hal ini adalah penguasaan kompetensi, dan X adalah variabel independent, dalam hal ini adalah kemahiran berproses. Sedangkan a dan b adalah nilai konstanta yang dicari.

Catatan Pakdhe : Ulasan lengkap mengfenai variabel ada disini.

Berdasarkan gambar (2) diketahui nilai constant-nya adalah -11,409 dan nilai kemahiran berprosesnya adalah 4,505. Dari keterangan tersebut kita dapat memperoleh persamaan regresi sebagai berikut:

Y = -11,409 + 4,505X

Artinya, ketika siswa kita memperoleh skor kemahiran sebesar 22 maka dapat diprediksi bahwa skor tes penguasaan kompetensi siswa tersebut adalah :

Y = -11,409 + 4,505 . 22 = -11,409 + 99,11 = 87,701

Key sobat...
Saya kira cukup untuk hari ini, semoga bisa memberi pemahaman kepada sobat.

1 comment:

  1. boleh juga tuh, smester ni q jga dapat materi SPSS

    ReplyDelete

Artikel Lainnya