Thursday, September 6, 2012

Buku Ajar Geometri Dasar (Drs. Suhito, M.Pd.)

Deskripsi 

Buku ajar ini disusun sebagai salah satu buku wajib yang harus dipelajari mahasiswa matematika agar dapat memberi kemampuan memahami konsep-konsep dan teorema dalam geometri melalui pendekatan geometrik-deduktif. Lingkup materi bahan ajar ini meliputi konsep-konsep dan teorema esensial dalam geometri di ruang berdimensi satu (R), berupa pemahaman konsep-konsep dan teorema dasar yang terdapat dalam aljabar dan geometri dasar antara lain konsep variabel, kalimat terbuka, persamaan, himpunan penyelesaian, teorema Pythagoras, kesebanguan/ kekongruwenan segitiga, dalil de Ceva, dalil Steward. 

Agar kemampuan yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa, perlu dikembangkan pengalaman belajar antara lain melalui diskusi kelompok, dan tugas kelompok. 

Prasyarat

Agar mudah mempelajari bahan ajar ini diperlukan prasyarat berupa pemahaman konsep-konsep dan teorema dasar yang terdapat dalam aljabar dan geometri yang telah diperoleh mahasiswa di jenjang pendidikan dasar dan menengah. 

Petunjuk Belajar

Strategi perkuliahan adalah heuristik dengan metode tanya-jawab, diskusi kelompok dilanjutkan dengan presentasi kelompok, pemberian tugas terstruktur baik tugas individual maupun tugas kelompok, serta pendekatan mengajar yang digunakan adalah deduktif.

Cuplikan bagian pendahuluan tersebut dapat ditemui dalam buku ajar Geometri Dasar yang disusun oleh Drs. Suhito, M.Pd., dosen di Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang. Untuk lengkap buku tersebut silahkan unduh file-file berikut:

No comments:

Post a Comment

Artikel Lainnya